Jumat, 16 September 2016

CARA MUDAH SETEL FD DAN RD SEPEDA MTB


CARA MUDAH

Nyetel RD dan FD



Pada sepeda multigir, peran front derailleur (FD) dan rear derailleur (RD) sangatlah penting. Kelancaran fungsi FD dan RD menentukan kenyamanan menggowes kita. Karena pemakaian yang rutin, bisa saja FD dan RD bermasalah.
Untuk itu mengerti sedikit soal menyetel FD dan RD amat penting. Terlebih mereka yang suka melakukan jelajah sepeda, baik sendiri atau berombongan. Dalam kondisi seperti itu bekal ilmu menyetel FD dan RD amat membantu. Setidaknya untuk pertolongan darurat sebelum menemukan bengkel sepeda.

Ilmu soal setel menyetel ini bisa kita temukan di Internet. Baik teks maupun video akan tersedia dengan lengkap. Selebihnya memang praktik dan praktik dan praktik hehe …. Ya, jam terbang oprek mengoprek FD dan RD ini akan mengasah intuisi kita sehingga makin mahir dalam menyetel RD dan FD.
Penyetelan Rear Derailleur (RD)
  • Pasang sepeda pada standar segitiga atau gantung pada palang sejajar atau ke tautan. Ini wajiba karena menyetel RD kita perlu memutar crank.
  • Penyetelan Top. Tempatkan rantai pada sprocket terkecil, dan perhatikan baut penyetelan di RD, pasang obeng di Sekrup Setelan Top (Top Adjustment Screw) dengan posisi Anda di bagian belakang atas RD, putar Setelan Top sehinggaguide pulley berada dalam posisi segaris dengan sprocketterkecil.
  • Penyetelan Low. Tempatkan rantai pada sprocket terbesar, dan putar Sekrup Setelan Low(Low Adjusment Screw) sehinggaguide pulley bergerak pada posisi tepat segaris dengansprocket terbesar.
  • Penyetelan Ketegangan kabel (Cable tension), selanjutnya kayuh pedal dan pindahkan rantai dari satu gear ke gear yang lain. Jika masih terdengar suara gemeretak dan rantai tidak berpindah ke gir yang dituju, coba untuk memutar pengatur ketegangan kabel pada RD (Cable Tension Barrel Adjuster) atau Micro Adjusterpada shifter.
Penyetelan Front Derailleur (FD)
  • Penyetelan Low (Low adjustment), posisikan rantai pada chainwheel terkecil dansprocket terbesar. Setel sekrupLow Adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide platedalam memiliki celah/jarak antara 0-0,5 mm.
  • Penyetelan Top (Top Adjustment). Posisikan rantai pada chainwheel terbesar dansprocket terkecil. Setel sekrup Top adjustment sehingga jarak antara rantai dan guide plateluar memiliki celah/jarak 0-0,5 mm.
  • Intermediate Chainwheel. Posisikan rantai pada chainwheel tengah dan sprocket terbesar. Setel micro adjuster pada shifter sehingga jarak antara rantai dan guide plate dalam memiliki jarak 0-0,5 mm.
Selamat mengoprek sepeda. (dari berbagai sumber)
Catatan:
Bagian-bagian dari RD
Bagian-bagian dari FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar