Jumat, 23 September 2016

10 Merk Sepeda Terbaik di Dunia Tahun 2016

Siapa di sini yang gemar bersepeda? Kegiatan bersepeda bisa menjadi alternatif mudah untuk berolahraga atau sekedar berjalan-jalan santai. Bahkan, ada pula olahraga ekstrem yang mengandalkan sepeda gunung. Olahraga ini akan menempuh trek terjal seperti di daerah pegunungan atau perbukitan. Dibutuhkan keahlian khusus untuk off-road dengan bermodalkan sepeda gunung.
Apapun kegiatan yang Anda sukai, Anda harus memilih merk sepeda yang bagus agar lebih awet dan tahan lama. Di tulisan kali ini, Bacaterus akan memberikan daftar merk sepeda terbaik di Indonesia maupun di dunia yang bisa Anda jadikan referensi untuk membeli sepeda baru.

Polygon

Jika Anda belum tahu, Anda pasti tidak menyangka bahwa Polygon adalah merk sepeda buatan dalam negeri. Namun, meskipun Polygon adalah sepeda yang diproduksi Indonesia, tetapi kualitas dari sepeda-sepeda keluaran Polygon sangat bisa disandingkan dengan kualitas merk sepeda ternama di dunia.
Polygon adalah merk sepeda terbesar di Indonesia. Satu unit sepeda Polygon bisa dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung model dan speknya. Selain mutu dan kualitasnya, ada alasan lain mengapa Polygon dianggap sebagai merk sepeda terbaik di Indonesia yakni karena Polygon berhasil mengekspor sepeda-sepedanya hingga ke Eropa.

United Bike

United Bike merk sepeda terbaik
Bisa dibilang jika United Bike adalah kompetitor terkuat Polygon. Sama-sama berasal dari Indonesia dan sama-sama berkualitas sangat baik membuat United Bike mampu bersaing dengan Polygon. Di samping itu, perusahaan yang mendirikan United Bike ini memang sudah berpengalaman selama 50 tahun lebih di dunia sepeda.
Jadi, kualitas dan mutu sepeda United Bike memang sudah tidak perlu diragukan lagi. United Bike juga memang memproduksi berbagai macam sepeda, tapi nampaknya United Bike lebih berfokus dalam memasarkan sepeda gunung dan sepeda balap.

Rocky Mountain Bicycles

Rocky Mountain Bicycles
Apabila Anda bertanya apa merk sepeda terbaik yang banyak dipakai oleh atlet atau profesional bersepeda kelas dunia? Bacaterus akan menjawab Rocky Mountain Bicycles. Karena pada kenyataannya sepeda keluaran Rocky Mountain memang banyak digunakan para pesepeda kelas kompetisi.
Salah satu varian sepeda gunung yang pernah diproduksi oleh brand ini adalah Sherpa, di mana varian inilah yang membuat nama Rocky Mountain Bicycles semakin berkibar. Sesuai dengan namanya, Rocky Mountain memang berfokus untuk memasarkan sepeda gunung terbaik.

Santa Cruz

Santa Cruz
Merk sepeda yang satu ini diberi nama sesuai dengan daerah asal produksinya, yakni Santa Cruz. Ini juga merupakan salah satu merk sepeda kelas atas yang namanya sudah sangat dikenal di dunia. Meskipun baru seumur jagung, Santa Cruz mampu merilis 20 varian sepeda gunung yang berkualitas tinggi.
Bahkan, merk ini berani membuat gebrakan baru dengan merilis Juliana, sebuah varian sepeda gunung untuk kaum hawa. Sama seperti Rocky Mountain Bicycles, Santa Cruz juga merupakan brand yang hanya fokus untuk memproduksi sepeda gunung bermutu tinggi.

Lapierre

Nah, Lapierre adalah merk sepeda asal Perancis. Lapierre memproduksi beberapa jenis sepeda, seperti sepeda gunung, sepeda balap, sepeda khusus wanita, dan sepeda yang bisa dipakai untuk jalan-jalan santai. Akan tetapi, Lapierre berfokus dalam mengembangkan sepeda gunung dan sepeda balap.
Salah satu varian terkenal dari Lapierre adalah Pro Race. Walaupun diberi nama Pro Race, tetapi ini bukanlah sepeda balap, melainkan sebuah sepeda gunung. Lapierre Pro Race ini cocok untuk kegiatan off roaddi medan yang terjal. Salah satu varian Pro Race yang memang sangat terkenal adalah Lapierre Pro Race 700 yang dibandrol dengan harga sekitar 37 juta rupiah.

Kona

Tangguh dan kuat, itulah kata-kata yang sekiranya dapat mendeskripsikan produk sepeda gunung dari Kona. Perusahaan yang berasal dari wilayah barat Laut Pasifik Amerika ini berhasil membuktikan ketangguhan seluruh produknya. Merk sepeda yang mulai didirikan pada tahun 1988 ini memasarkan sepeda gunung dan sepeda balap. Akan tetapi, Kona lebih memilih fokus untuk mengembangkan sepeda gunung.
Mengapa sepeda gunung dari Kona diklaim sebagai yang paling kuat dan tangguh? Karena sepeda-sepeda dari Kona ini sangat tahan banting meskipun digunakan pada trek terjal yang cukup berat. Jika Anda penggemar kegiatan off road dengan sepeda gunung, maka sesekali Anda harus menjajal ketangguhan dari sepeda produksi Kona.

Giant

Giant
Bagi Anda yang gemar bersepeda dengan mengendarai sepeda gunung, Anda tentu sudah akrab dengan merk sepeda gunung asal Taiwan, yakni Giant. Ini adalah merk sepeda terbaik di dalam pasar sepeda gunung kelas dunia. Bahkan, Giant juga diklaim sebagai perusahaan sepeda terbesar di dunia.
Kualitas sepeda yang diproduksi oleh Giant mampu menyaingi sepeda-sepeda gunung lain yang diproduksi di Jerman atau negara Eropa lainnya. Satu unit sepeda Giant memang dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, tetapi tentu saja itu sangat sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Hingga saat ini, Giant adalah merk sepeda gunung yang paling terkenal dan ternama.

Cube

Cube
Cube adalah merk sepeda asal Jerman yang tidak boleh dilewatkan untuk dibahas di sini. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993, tapi seiring berjalannya waktu kualitas produk-produk dari Cube membawa namanya dikenal hingga berbagai negara, termasuk di Indonesia.
Cube tidak hanya memproduksi sepeda saja, tetapi juga beberapa peralatan untuk menunjang aktivitas bersepeda, mulai dari sepatu, helm, tas, jersey, dan sarung tangan. Salah satu varian terkenal dari Cube adalah Reaction GTC SL yang dipasarkan dengan harga 27 juta rupiah.

Trek

Trek
Di posisi selanjutnya ada merk sepeda yang berasal dari Amerika Serikat, yakni Trek. Sampai saat ini, Trek berhasil memasarkan produknya ke Amerika Utara serta beberapa negara di Eropa dan Asia. Para biker profesional menilai bahwa Trek adalah merk sepeda yang sangat bagus dan tahan banting. Sepeda ini tak hanya kuat, tetapi juga mampu memberi kenyamanan pada penggunanya.

Wimcycle

Wimcycle
Terakhir kita akan kembali membahas tentang brand sepeda lokal yang bagus. Kali ini kita akan menjumpai Wimcycle, salah satu merk sepeda buatan Indonesia yang berhasil menjual sepeda-sepedanya tidak hanya di Indonesia saja, tetapi hingga ke 20 negara.
Keberhasilan Wimcycle dalam mengekspor produknya bukanlah tanpa sebab. Hal ini tentunya dikarenakan kualitas dari produk Wimcycle yang cukup awet. Selain itu, Wimcycle juga terus berinovasi mengeluarkan berbagai macam jenis dan model sepeda.
Wimcycle juga menyediakan sepeda untuk berbagai usia dan kebutuhan, mulai dari anak-anak, keluarga, BMX, sepeda roda tiga, hingga sepeda gunung. Hingga saat ini, Wimcycle berhasil memasarkan produknya ke Eropa, Arab Saudi, Kanada, dan beberapa negara maju lainnya.
Jajaran merk sepeda terbaik ini bisa menjadi pertimbangan yang tepat bagi Anda yang ingin membeli sepeda baru. Jika dana belum mencukupi untuk membeli sepeda dari merk internasional, Anda bisa membeli sepeda buatan Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan sepeda impor.
Sumber:bacaterus.com

Selasa, 20 September 2016

Melepas rantai sepeda

Menganti rantai sepeda, membuka rantai sepeda sampai memasang dengan rantai sepeda baru. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya dengan tool untuk kunci rantai, anda dapat membuka dan memasang rantai sendiri di rumah. Tetapi ada yang perlu di perhatikan dalam memasang rantai sepeda. Tip dibawah ini memberikan gambaran untuk membuka dan memasang rantai sepeda anda kembali.

Membuka rantai lama

Tools kunci rantai, tampilan seperti gambar dibawah ini harganya hanya 60 ribuan saja. Atau anda memiliki kunci rantai yang lebih bagus tentu lebih baik.



Persiapan :
  • Siapkan rantai baru, jangan lupa untuk memperhatikan tipe rantai. Karena tipe rantai juga berbeda beda, ada yang diperuntukan untuk 7 speed, 8 speed atau 9 speed. Pastikan rantai baru anda memiliki ukuran yang tepat.
  • Untuk membuka pin lubang rantai, carilah pin lama untuk membuka pin rantai seperti gambar dibawah ini. Memiliki bentuk pin berbeda dari yang lain.


  • Pasang kunci rantai seperti gambar dibawah ini. Kencangkan sisi kiri (bentuk baut), lalu bagian kanan dengan tuas dan putar untuk menekan ./ mendorong pin keluar dari ring rantai.
  • Biasanya akan terdengar atau adanya suara seperti klik pertama dan klik kedua. Yang diartikan pin telah melewati bagian ring 1 dan klik ke 2 setelah melewati ring ke 2. Putar terus pin sampai terdorong keluar dari O ring rantai.



Seandainya anda masih ingin mengunakan rantai bekas tersebut. Sebaiknya tidak mendorong pin sampai tembus keluar dari ring rantai terakhir. Gunakan teknik pada gambar dibawah ini.
  • Ketika terdengar bunyi 1 click, seperti gambar diatas. Lepas rantai dari kunci rantai, lalu pindahkan ke bagian jalur tengah seperti gambar dibawah ini. Baru anda mendorong kembali pin pada jalur tengah dari kunci rantai secara perlahan. Sampai pin lepas dari O ring rantai tetapi tidak lepas dari ring bagian luar rantai (tepi rantai). Sehingga pin tetap tertinggal di ring rantai terakhir. Sewaktu waktu anda dapat mengunakan rantai bekas anda kembali, dan pin tetap akan menempel pada ring rantai bekas anda

Cara hemat gonta ganti sepeda

 Ketika anda merasa bosan dengan sepeda gunung, seringkali muncul keinginan untuk memiliki sepeda baru dengan model atau warna lain.  Bersepeda ibarat memakai baju, sepatu dan barang sandang lainnya,  memakai yang itu-itu terus lama-lama bosan juga.  Maka tidak jarang, penggemar sepeda bisa memiliki dua, tiga bahkan lima sepeda. Untuk orang yang kemampuan finansialnya “berlebih” tentu hal tersebut tidak masalah. Tetapi untuk yang keuangannya sedang-sedang saja, jangan tergesa-gesa untuk membeli sepeda baru karena jika keinginan itu selalu diikuti, kocek anda akan bobol juga. Cara yang paling murah agar dapat ganti-ganti sepeda adalah dengan memiliki dua atau lebih batangan (frame) yang berbeda jenis, ukuran, warna ataupun kelas, dan dua wheelset dengan ukuran banyang berbeda pula. Misalnya saat ini anda memiliki sepeda type P**** Xtrada 4 (maaf menyebut merk) dengan spesifikasi speed 3x9 dan remnya cakram. Jika anda ingin berganti ke P**** Cozmic yang kastanya sedikit lebih tinggi, tak usah beli sepeda utuh yang harganya lebih dari 7 jete, anda cukup beli frame (batangan) nya saja yang tidak sampai 2 jete untuk dipasangkan pada sepeda yang  sudah ada. Atau bisa juga mengganti frame dari type cross country ke type fulsus dan sebagainya. Jika punya 3 frame dan 2 wheelset, anda sudah punya 6 sepeda yang dapat ditampilkan berbeda. Untuk bisa melakukannya sendiri, anda cukup memiliki pengetahuan  tentang cara mencabut dan memasang fork, memasang dan menyetel groupset, juga memasang ban. Melihat dengan seksama satu atau dua kali cara bengkel memasang alat-alat tersebut, anda pasti sudah dapat melakukannya. Sedangkan peralatannya cukup dengan memiliki satu set kunci L, beberapa kunci pas, kunci pembuka rante dan kunci pembuka crank yang harga semuanya tidak sampai dua ratus ribuan. Sedangkan untuk bottom bracket bisa dipasang di setiap frame sehingga tidak repot jika akan mereinkarnasi si kereta angin tersebut. Jika tidak bisa memasangkannya sendiri, di bengkelpun paling menghabiskan 20 atau 25 ribu saja. Yah, sedikit bergaya sambil berolah raga dengan gonta-ganti sepeda boleh saja selama hobby itu tidak meracuni keluarga anda. Saya menyebut “meracuni” karena ada kenalan saya yang melonggarkan anggaran untuk memenuhi hasratnya mengganti sepeda tetapi lupa membiayai les anaknya sehingga ia ketinggalan pelajarannya di sekolah. Mari bersepeda dan dapatkan sehatnya….!!!

Sumber : http://m.kompasiana.com/kang_yadi/cara-hemat-gonta-ganti-sepeda_552a6724f17e61d507d623ad

Bedah freehub sepeda



Untuk kenyamanan bersepeda, freehub perlu dibersihkan. Perawatan freehub ini tergantung seburuk apa medan yang biasa dilalui.
Gejala-gejala freehub perlu dibersihkan antara lain:
1.    Saat diputar kedepan searah dengan kayuhan pedal, ban tidak berputar hanya sprocket saja yang berputar, seperti saat memutar pedal kearah belakang.
2.    Saat dikayuh dengan menggunakan tenaga yang besar/ saat sedang menanjak, timbul bunyi-bunyian aneh, seperti gesekan besi (bunyi kreot-kreot).
3.    Saat di turunan dan pedal tidak dikayuh, rantai di bagian atas chainstay menjadi kendur karena putaran roda dengan putaran freehub tidak seirama.
Alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan freehub (freehub yang digunakan sebagai contoh ini adalah Novatec 4 bearing):
1.    Kunci untuk membuka lock ring cassette sprocket
2.    Kunci untuk menahan cassette sprocket, biasanya menyerupai pecut dan menggunakan rantai
3.    Kunci 17mm
4.    Kunci Allen 5mm
5.    Obeng min (-) kecil
6.    Sikat gigi/ sikat kawat halus
7.    Kain pembersih
8.    Cairan pembersih (bisa juga menggunakan bensin, tapi jangan minyak tanah)
9.    Gemuk/ grease
Langkah-langkah pengerjaan:
1.    Lepaskan washer (lihat gambar, index no 1) menggunakan obeng min dengan cara dicongkel. Jangan lupa sebelum membongkar freehub, cassette sprocket dilepas dahulu dari freehub
2.    Masukkan kunci allen 5mm ke dalam lubang axle (index 17), buka side cap sebelah kanan (sisi cassette body) menggunakan kunci 17mm. Putar kunci 17mm berlawanan arah jarum jam
3.    Setelah side cap lepas, tarik keluar cassette body (index 9)
4.    Buka spring pawls (index 12) menggunakan obeng min, kemudian keluarkan pawls (index 11)
5.    Periksa apakah bearing yang digunakan masih baik atau perlu dilakukan penggantian. Putar bearing dengan tangan untuk melakukan pengecekan, bila terasa tidak smooth putarannya atau bahkan terasa goyang, lakukan penggantian dengan bearing baru sesuai dengan no bearing yang tertera di sisi bearing
6.    Bersihkan cassette body, pawls, spring pawls dan ratchet ring menggunakan cairan pembersih. Gunakan sikat gigi/ sikat kawat halus untuk membersihkan celah-celah kecil.
7.    Setelah bersih, beri gemuk/ grease sedikit pada pawls. Pasang kembali pawls dan spring pawls
8.    Ratchet dapat dioles dengan gemuk atau tidak. Pemberian gemuk pada ratchet akan mempengaruhi suara jangkrik saat sepeda meluncur tanpa dikayuh. Semakin banyak gemuk yang dioleskan, suara semakin tidak terdengar
9.    Pasang kembali cassette body, side cap, washer dan cassette sprocket

Senin, 19 September 2016

Periode waktu perawatan sepeda


tips-trik-bengkel-merawat-sepedaPeriode Waktu Perawatan – Servis Sepeda. Sebuah pertanyaan umum, Kapan Waktunya saya mesti melakukanperawatan/servis sepeda?Jawaban yang paling akurat adalah bahwa hal itu tergantung pada di mana Anda naik, kondisi seperti apa ketika Anda naik dan seberapa banyak Anda naik sepeda!
Sebuah sepeda layaknya sebuah mesin, semua mesin memerlukan beberapa bentuk perawatan terus menerus. Berikut adalah daftar kecil hal yang harus dilakukan sebelum dan setelah bersepeda.

Inspeksi Sebelum Bersepeda

  • Cek Tekanan Ban
  • Cek Tekanan Rear Shock
  • Cek Tekanan Fork
  • Cek Fungsi Break Set (Rem)
  • Cek Beberapa Part apakah ada yang kendor atau lepas
  • Cek Ketegangan Rantai, dan Sambungannya, apakah ada potensi untuk putus

Perawatan Setelah Bersepeda

  • Cek Ulang Kondisi Ban Sepeda
  • Bersihkan Drivetrain (Crank, Chainring, sprocket, Pulley, Derailleur, Chain) dari Pasir, tanah dan grim
  • Bersihkan Frame dari Pasir, tanah dan grim
  • Gantung/Letakkan Sepeda Pada tempat yang tepat

Tune Up Sepeda

Kami merekomendasikan tune up, minimal setahun sekali pada setiap sepeda. Jika Anda bersepeda lebih intens dari pengguna biasa maka Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu tune up dalam setahun. Pada situs Smartcycles dikatakan bahwa sebuah tune up sepeda sama halnya seperti ganti oli pada mobil, itu perlu dilakukan setelah sejumlah jarak tempuh, tetapi harus selalu dipertimbangkan setiap 6 bulan atau lebih pada sepeda yang digunakan dan kebutuhan untuk dianggap aman.

Overhauls

Overhauls merupakan rekondisi sepenuhnya sepeda Anda. Hal ini dilakukan ketika tune up saja dianggap tidak efektif lagi, maka Anda perlu perbaikan. Jika Anda memiliki peralatan premium, overhaul disarankan lebih sering, sekitar sekali setahun, untuk menjaga sepeda Anda dan kondisi drivetrain –khususnya—tetap pada kondisi premium! Pada jarak tempuh tertentu, kondisi drivetrain atau groupset dipastikan telah mengalami keausan, dalam kondisi-kondisi seperti ini lah overhaul diperlukan, bisa dilakukan parsial, bisa juga overhaul menyeluruh.
Semoga tips Periode Waktu Perawatan – Servis Sepedaini bisa memberi gambaran kepada Sobat cyclist gimana semestinya Sobat memperlakukan sepeda layaknya “Sahabat”, hehehe…. Dengan mengikuti tips ini kami berharap Sepeda Sobat awet dengan kost perawatan minim.
sumber gambar: armadillo-bike.blogspot.com

Mengenal gigi belakang sepeda MTB

Pengaturan Gigi Belakang SepeBersepeda di masa kini merupakan aktivitas menyenangkan karena mengayuh melalui tanjakan, turunan, melesat di jalan datar hingga  medan off-road dapat dilakukan dengan mengeluarkan tenaga se efektif mungkin setelah ditemukannya alat yang terkenal dengan sebutan Rear Derailleur (RD), suatu sistem transmisi gigi sepeda bagian belakang yang berfungsi memindahkan rantai pada sprocket sesuai pengaturan transmisi dari shifter

Berbagai inovasi telah dikembangkan sejumlah produsen RD terkenal salah satunya adalah Shimano yang membuat beberapa kategori kecepatan (9-10 speed), kualitas bahan (pastik-baja ringan) hingga tujuan penggunaan (Road bike/Mountain bike).  Untuk sebagian orang ber investasi pada kualitas terbaik merupakan pilihan yang tepat.

Namun, dengan apa yang sudah kita miliki saat  ini kenyamanan bersepeda juga dapat ditingkatkan dengan mengatahui cara kerja dan mengatasi kasus yang umum terjadi pada sepeda kita seperti pindah gigi tidak halus, tidak akurat hingga rantai lepas atau bahkan putus. 
Salah satu kenyamanan dalam olah raga bersepeda adalah mengenali spesifikasi sepeda milik kita yang menjadi tunggangan kita dalam bersepeda, mengenali spesifikasi berarti kita juga kita harus paham ketika terjadi ketidak nyamanan pada salah satu elemen sepeda tersebut, nah dalam postingan kali ini "barakudagunung" akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pengaturan gigi belakang pada sepeda MTB (Mountain bike) kita dengan menggunakan RD shimano tipe Deore 9-speed yang termasuk dalam kategori kelas menengah untuk MTB, dengan dilengkapi rantai (chain) khusus untuk 9-speed, Sprocket yang berjumlah 9 keping grigi dan shifter yang juga berjumlah 9-speed,
Tips
1. Langkah pertama yang biasa saya lakukan adalah membalik sepeda dengan posisi stang (handlebar) dan Saddle menyentuh lantai. Jangan lupa diberi alas agar shifter pada stang tidak rusak.
2. Selalu perhatikan posisi rantai RD  lurus dengan rantai sprocket untuk menjamin perpindahan gigi tetap akurat sesuai dengan shifter, pastikan rantai dan RD bersih dan telah dilumasi.
3. Rantai sering pindah sendiri / lepas disebabkan oleh pemasangan rantai yang teralu kendor.
    Baut adalah batas gigi terkecil, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terkecil.
    Baut batas gigi terbesar, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terbesar.
    Baut mengatur ketegangan rantai, jika terlalu renggang bisa lepas, jika terlalu kencang bisa putus.
4. Inti permasalahan rantai bunyi / kasar saat pindah gigi dapat diatasi dengan memutar baut kabel RD danbaut kabel shifter hingga perpindahan gigi menjadi halus dan akurat.
5. kayuh pedal dengan tangan, dengan sepeda tetap pada posisi langkah 1.  Perhatikan ketegangan rantai, akurasi perpindahan gigi sesuai shifter , suara pindah gigi apakah sudah halus jika belum ulangi langkah langkah diatas.
semoga bermanfaat, salam barakudagunung "menembus batas".