Selasa, 20 September 2016

Bedah freehub sepeda



Untuk kenyamanan bersepeda, freehub perlu dibersihkan. Perawatan freehub ini tergantung seburuk apa medan yang biasa dilalui.
Gejala-gejala freehub perlu dibersihkan antara lain:
1.    Saat diputar kedepan searah dengan kayuhan pedal, ban tidak berputar hanya sprocket saja yang berputar, seperti saat memutar pedal kearah belakang.
2.    Saat dikayuh dengan menggunakan tenaga yang besar/ saat sedang menanjak, timbul bunyi-bunyian aneh, seperti gesekan besi (bunyi kreot-kreot).
3.    Saat di turunan dan pedal tidak dikayuh, rantai di bagian atas chainstay menjadi kendur karena putaran roda dengan putaran freehub tidak seirama.
Alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan freehub (freehub yang digunakan sebagai contoh ini adalah Novatec 4 bearing):
1.    Kunci untuk membuka lock ring cassette sprocket
2.    Kunci untuk menahan cassette sprocket, biasanya menyerupai pecut dan menggunakan rantai
3.    Kunci 17mm
4.    Kunci Allen 5mm
5.    Obeng min (-) kecil
6.    Sikat gigi/ sikat kawat halus
7.    Kain pembersih
8.    Cairan pembersih (bisa juga menggunakan bensin, tapi jangan minyak tanah)
9.    Gemuk/ grease
Langkah-langkah pengerjaan:
1.    Lepaskan washer (lihat gambar, index no 1) menggunakan obeng min dengan cara dicongkel. Jangan lupa sebelum membongkar freehub, cassette sprocket dilepas dahulu dari freehub
2.    Masukkan kunci allen 5mm ke dalam lubang axle (index 17), buka side cap sebelah kanan (sisi cassette body) menggunakan kunci 17mm. Putar kunci 17mm berlawanan arah jarum jam
3.    Setelah side cap lepas, tarik keluar cassette body (index 9)
4.    Buka spring pawls (index 12) menggunakan obeng min, kemudian keluarkan pawls (index 11)
5.    Periksa apakah bearing yang digunakan masih baik atau perlu dilakukan penggantian. Putar bearing dengan tangan untuk melakukan pengecekan, bila terasa tidak smooth putarannya atau bahkan terasa goyang, lakukan penggantian dengan bearing baru sesuai dengan no bearing yang tertera di sisi bearing
6.    Bersihkan cassette body, pawls, spring pawls dan ratchet ring menggunakan cairan pembersih. Gunakan sikat gigi/ sikat kawat halus untuk membersihkan celah-celah kecil.
7.    Setelah bersih, beri gemuk/ grease sedikit pada pawls. Pasang kembali pawls dan spring pawls
8.    Ratchet dapat dioles dengan gemuk atau tidak. Pemberian gemuk pada ratchet akan mempengaruhi suara jangkrik saat sepeda meluncur tanpa dikayuh. Semakin banyak gemuk yang dioleskan, suara semakin tidak terdengar
9.    Pasang kembali cassette body, side cap, washer dan cassette sprocket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar