Minggu, 18 September 2016

TIPS DAN MANFAAT BERSEPEDA MTB

Hai... gimana acara weekend-nya..? Pasti seru kan gowes bersama sahabat maupun keluarga anda. Nah, untuk melengkapi materi blog kami tentang sepeda gowes, kami akan berbagi trik dan tips bersepeda di tanjakan untuk para goweser.


Yang perlu diperhatikan adalah persiapan fisik anda dan juga kesiapan dari sepeda yang fit supaya tidak mengganngu saat bersepeda nantinya.

Kesiapan fisik yang baik diperlukan karena kita akan menghadapi medan yang berat, seperti tanjakan, dataran, maupun turunan. Perawatan sepeda mtb baik untuk menunjang kenyamanan saat tanjakan.

Namun semua itu akan impas karena ada kepuaan tersendiri bagi para goweser. Adapun manfaat bersepeda mtb di medan tanjakan, yakni dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, dapat meningkatkan juga koordinasi, leg power dan akan membuat kita lebih fokus mental.

sepeda gunung,mountain bike,sepeda roda dua,manfaat bersepeda bagi kesehatan
Langsung aja berikut teknik bersepeda mtb (teknik dasar) yang perlu anda ketahui.
  • Atur Pemindahan Gigi/Shifting
Tips bersepeda mtb ini bisa menjadi masukan untuk rider sepeda gunung (MTB) maupun roadbiker. Bagi penggemar olahraga sepeda tentu saja bisa melakukan pemindahan gigi pada gir sepeda-nya. Pemindahan gigi/shifting yang benar dan tepat pada saat tanjakan akan memberikan kenyamanan yang baik bagi goweser.

Untuk goweser pemula, gear sepeda (chainring) depan  di seting paling kecil sedangkan gir belakan di atur paling besar, itu akan memberikan kenyamanan saat mengayuh pedal sepeda. Dalam tahap ini usahakn tidak berdiri, dan lebih percepat mengayuh karena konsekuensinya sepeda akan berjalan pelan jika tidak cepat mengayuh.

Dengan seringnya anda bersepeda gunung, anda akan bisa menentukan pemindahan gigi yang tepat sesuai kekuatan otot anda. Sehingga andapun akan nyaman bersepeda ditanjakan sekalipun.

Manfaat tips : mampu mengontrol beban saat mengayuh pedal, sehingga tenaga kita tidak terbuang percuma.
  • Posisi Bersepeda Jika Duduk (sitting down)
Manfaat tips : hemat tenaga karena beban hanya bertumpu pada sepeda, badan lebih santai karena energi tidak terbuang berlebih, dan goweser dapat mengatur ritme saat bersepeda lambat atau cepat.

Sedang kekurangannya akan terasa sakit berulang-ulang pada otot anda terutama saat anda bersepeda di medan tanjakan.
  • Posisi Bersepeda Jika Berdiri (standing up):
Manfaat tips : di butuhkan energi yang besar yang membuat otot kaki akan bekerja menyeluruh sehingga tekanan tidak hanya pada satu otot.

Sedang kekurangannya kaki akan menopang seluruh badan sehingga menguras banyak energi anda.
  • Atur Penyesuaian Suspensi
Tips ini penting juga lho, untuk goweser sepeda MTB seperti sepeda cross country yang trek-nya offroad ringan maupun aspal.

Saat anda menghadapi trek menanjak, rubahlah setingan suspensi/shokbreker sepeda depan anda agar lock/kunci, maksudnya supaya suspensi dikeadan diam atau tidak bekerja/bergerak. Yang tujuannya agar energi anda tidak terbuang sia-sia, saat mengayuh pedal dalam keaadan berdiri di medan menanjak.

Untuk sepeda gunung mtb yang tidak terdapat fitur lock/kunci pada suspensi depan-nya, sebaiknya goweser duduk saja saat mengayuh sepeda di trek tanjakan.

Manfaat tips : tenaga anda tidak terbuang sia-sia.
  • Atur Posisi Ketinggian Sadel dan Seatpost.
Penting bagi goweser sepeda gunung MTB untuk memposisikan dudukan sadel dan tempat duduk goweser itu sendiri. Usahakan seatpost(dudukan sadel) terletak pada posisi maksimal kayuhan goweser. Sebab tenaga goweser akan banyak terkuras saat bersepeda di medan tanjakan(climb).

Ketika anda naik untuk duduk di atas sadle dan telapak kaki berada di pedal sepeda akan membentuk kaki hampir lurus 180 derajat.

Manfaat tips : energi dan tenaga anda tidak terbuang percuma saat mengayuh diatas sadel(sadle).

Nah, demikian tips, trik dan teknik bersepeda gunung semoga bermanfaat ya.. Setiap tips baik hanya saja anda harus bisa mengkombinasikannya agar bisa saling menutupi kekurangan-nya. trims sudah berkunjung lagi ke blog kami. Baca jugha artikel sebelumnya; nutrisi yang baik sebelum dan sesudah bersepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar